-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Goa Ergendang Pemandian Alam Air Panas Eksotis Didalam Goa

foto Andi baroes
Tak jauh dari Kota Medan, tepatnya di Kabupaten Deli Serdang, Anda bisa menemukan sebuah goa yang unik di daerah STM Hilir yakni Goa Ergendang. Salah satu keistimewaannya adalah kolam air panas yang sudah dipugar dengan keramik  dan air pancuran yang modern.

Perbedaanya dari kolam air panas pada umumnya adalah tempat tersebut berada di mulut goa dengan pemandangan batu goa yang khas, adanya air terjun alami, dan pepohonan rindang di sekitarnya sehingga suasana adem itu bisa membuat pengunjung melepas penat secara lebih ekstra.

foto Lia Monica Octaviana Saragi mulut goa
Sebagian besar sobat explore mungkin tidak begitu tertarik jika pergi berwisata mengunjungi goa, namun akan berbeda ceritanya jika sobat mengetahui Goa Ergendang Deli Serdang. Goa/ Gua yang terletak di Sumatera Utara ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk berwisata bersama keluarga. Goa dengan stalagtit yang indah ini dapat menjadi spot foto yang keren bagi sobat yang gemar mengekspos kegiatan di media sosial.

Nama Ergendang ini diambil dari Bahasa Karo yang memiliki arti ‘menabuh gendang’. Konon, penduduk sekitar seringkali mendengar suara tabuhan gendang dari dalam gua ini. Selain itu, ada pula cerita yang beredar di masyarakat bahwa tempat ini dulunya adalah tempat pemandian putri keturunan raja.

foto Nur Fathanah
Pemandangan gua yang indah nan eksotis siap menyambut setiap pengunjung yang datang. Begitu masuk gua, pengunjung akan melihat keindahan stalaktit yang menghiasi langit-langit gua.

Kolam Pemandian Air Panas Goa Ergendang

Jika sobat bosan dengan kolam pemandian pada umumnya, kolam pemandian di goa ergendang ini bisa jadi solusinya. Kolam yang terletak di dalam gua ini memberikan pemandangan unik yang pastinya berbeda dengan kolam lainnya.

Selain pemandangannya yang menarik, pengunjung juga dapat menikmati kesegaran berendam air panas di kolam. Kolam ini diisi dengan air yang langsung dialirkan dari sumber air panas Goa Ergendang. Uniknya,  air panas disini tidak memiliki bau belerang yang menyengat seperti pemandian air panas lainnya.

foto Nur Fathanah
Tak hanya untuk bersenang-senang, berendam di kolam ini pun memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Berendam di air panas dipercaya mampu menghilangkan pegal-pegal. Selain itu, berendam juga dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Lokasi Goa Ergendang

Goa ergendang berada di desa penungkiren di kecamatan sinembah tanjung muda hilir kabupaten deli serdang sumatera utara. Jarak dari medan ke goa ergendnag berkisar 40 km bisa ditempuh dengan kurun waktu 1,5-2 jam melalui rute medan-delitua-jalan besar sibiru-biru-desa penungkiren.

Fasilitas wisata Goa Ergendang

foto Ali Muhammad

Pada tahun 2016 awal goa ini mulai dibenahi objek wisata goa ini terus mengalami perbaikan demi kenyamanan sobat yang berkunjung. Berbagai fasilitas disediakan mulai dari tempat parkir, toilet hingga kantin. Fasilitas yang disediakan cukup nyaman dan terjaga kebersihannya.

Objek wisata goa ergendang juga menyediakan gazebo atau pondok-pondok kecil yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai. Kantin disini menyediakan aneka kuliner dengan harga terjangkau. Selain kuliner, pengunjung juga dapat membeli buah-buahan yang dijajakan di sekitar objek wisata.

baca juga: Goa Batu Kapal Geopark Ranah Minang

                 Goa Batu Batirai Padang Panjang

Tiket Masuk Goa Ergendang

Tiket masuk Rp 5000 per orang

Parkir motor Rp2000

Parkir mobil Rp5000

foto wiwied sikumbang

#Dilarang membuang sampah sembarangan

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...