-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Goa Batu Kapal Wisata Mahakarya Alam Eksotik Geopark Ranah Minang

Goa batu kapal merupakan wisata alam geopark nya ranah minang suguhan panoramanya sangat canrik dan eksotik. Goa ini menampilkan lukisan mahakarya alam yang luar biasa dengan dinding-dinding goa yang tergurat dengan cantik. Terdapat empat buah batu kapur dengan dua buah goa terbesar inilah yang disebut batu kapal. Pemandangan yang indah juga muncul dari lubang-lubang di atap yang menyalurkan berkas sinar matahari yang indah.

Lokasi Goa Kapal

Wisata alam Goa kapal terletak di Jorong Ngalau Indah Tahap I, Nagari Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ) itu, menyuguhkan fenomena geologi yang mempesona. Lokasinya pun tidak sulit dijangkau. Hanya sekitar 20 kilometer dari pusat ibu Kota Padang Aro, Solok Selatan. Namun untuk sampai ke mulut goa, pengunjung mesti menyusuri jalan setapak melewati perkebunan sawit dan berjarak sekitar 250 meter dari tempat parkir yang disediakan pengelola.

jalan hutan menuju goa foto imagesspace
Suara riuh kelelawar dan gemericik air yang menetes di dinding goa membuat suasana alam semakin hidup. Selain itu, Gua dengan dinding kuning ini memiliki banyak lorong. Lalu Goa Batu Kapal juga ada yang dindingnya bewarna putih, dengan sedikit corak hijau. Di bawah goa terdapat aliran sungai jernih.

Wisatawan harus berhati-hati

Ketika cuaca cerah sobat explore bisa memanjat bebatuan di sana, hingga mencapai puncak. Memasuki musim hujan batu-batu tersebut sangat licin dan tidak disarankan mencoba mendakinya. 

baca juga: Goa Batu Batirai padang panjang

Fasilitas Goa kapal

kini pengelola tempat wisata ini juga sudah menyediakan beberapa fasilitas.  Ada kedai-kedai kecil di depan pintu masuk gua, tempat sampah, serta free guide. Kita bisa coba menjelajah gua dengan diantar perwakilan pihak pengelola. Goa yang berwarna keputihan ini memiliki tinggi mncapai 80 meter. Obyek wisata Sumatra Barat ini sangat tepat sekali dijadikan sebagai obyek fotografi dengan hasil yang sangat memuaskan. Pada saat wisatawan ingin menyelusuri sepanjang goa, sangat disarankan untuk ditemani pemandu. Hal ini sebabkan goa ini memiliki banyak lorong yang dapat membuat pengunjung tersesat. Selain itu melalui pemandu inilah yang akan memudahkan para wisatawannya untuk lebih mengetahui mengenai goa.

foto sumbarramah
Fasilitas berupa toilet akan mudah Anda jumpai di sana. Karena mengingat bahwa semua orang tentunya membutuhkan toilet. Dengan demikian, di obyek wisata ini, Anda tidak akan merasa kesulitan pada saat Anda membutuhkan toilet.

Mahakarya Yang Menggoda

Suasana goa memang sangatlah menggoda melalui hembusan udara yang begitu sangat sejuk. Ditambah lagi dengan perpaduan perpohonan yang hijau memberikan kesan yang sangat asri. Dengan melalui lorong gelap, para pengunjung akan merasakan keindahan stalaktit dan stalagmit. Para pengunjung juga akan melewati beberapa sungai yang dangkal. Keindahan dalam goa dan di sekitarnya cukuplah menakjubkan, terutama pada saat matahari telah menerobos masuk.

Perlengkapan Yang Harus Sobat Dipersiapkan

Perlengkapan yang harus Anda bawa yaitu senter, sepatu gunung, atau sepatu boots, karena lantai di gua begitu sangat licin dan bebatuan yang akan menjadi pijakan Anda pun juga sangat licin sehingga untuk menghindari terpeleset, bawahlah sepatu atau sandal yang tepat.

Harga Ticket Masuk

Harga ticket masuk yang harus dibayarkan para pengunjung yaitu Rp 5.000.orang. Sedangkan untuk biaya pemandu dikenakan Rp 5.000, untuk biaya parkir motor Rp 5.000 dan parkir mobil Rp 10.000.

foto padangkita.com

lihatlah Sumatera Barat betapa agungnya karya sang pencipta.

 

 

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...