-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Hutan Lumut Gunung Singgalang The Lord of The Rings Sumatera Barat

foto dari rizkydj21

Hutan lumut singgalang sebenarnya bukan tempat wisata tapi tempat ini sangat eksotis sangat eksotis. Hutan ini pepohonannya sangat alami hijau terkadang di selimuti kabut. 

kata The lord of the rings diambil dari sebuah film, ya kira-kira hutan lumut singgalang sangat cocok digambarkan dengan film hollywood ini.

Sebenarnya Hutan Lumut Singgalang ini bukanlah objek wisata resmi, meski begitu kawasan yang menawan ini merupakan jalur yang dilewati untuk menuju Gunung Singgalang.

Melalui perkampungan Pandai Sikek. Sehingga, pendaki biasanya beristirahat di tempat ini.

Sinyal akses 4G di area tersebut pun masih dapat dijangkau, sehingga pengunjung biasanya dapat mengunggah langsung foto uniknya. 

Pengunjung dapat mencapai Hutan Lumut Singgalang ini melalui tiga rute menuju Gunung Singgalang, yaitu Toboh, Balingka, dan Pandai Sikek. 

Namun, disarankan untuk menempuh jalur Pandai Sikek sebab jarak yang lebih dekat ke Padang.

Begitu eksotisnya hutan lumut ini, kamu akan terbawa ke dalam suasana hutan lumut yang lembab seperti berada di film-film petualangan hollywood. 

Semua tumbuhan dan bebatuan yang ada di hutan ini diselimuti oleh lumut hijau yang asri. 

Yang menambah daya tarik dari hutan ini adalah bentuk dari pepohonan yang tak beraturan membuat kita seakan tersesat dalam dunia lain. 

Kalau kamu berada di tempat ini, kamu harus tetap waspada dengan jalur pendakian, karena jalurnya banyak tertutup pepohonan.

Berada di tengah jalur pendakian Gunung Singgalang membuat tempat ini menjadi oase saat kamu mendaki gunung, apalagi di dekat hutan lumut, kamu akan menjumpai Telaga Dewi yang airnya cukup tenang. 

Berada di Kabupaten Tanah Datar dan Agam, Sumatera Barat, kamu harus siap mendaki Gunung Singgalang setinggi 2.877 mdpl. 

Kamu tidak perlu takut tersesat, untuk mencapai hutan lumut ini, kamu tinggal mengikuti jalur kabel listrik dari titik awal pendakian di jalur Koto Baru sampai ke puncak.

Akses Menuju Hutan Lumut Singgalang

Untuk menuju ke titik awal jalur Koto Baru, kamu bisa gunakan travel jurusan Bukittinggi kalau kamu dari kota Padang. 

Perjalanan memakan waktu 2-3 jam, nantinya kamu turun di Pasar Koto Baru. 

Dari pasar itu, kamu akan lanjutkan perjalanan ke Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek dengan naik angkutan desa, nah dari sini kamu bisa berjalan kaki menuju titik awal jalur Koto Baru.

Jalur menuju hutan lumut dan puncak gunung memang sangat jelas, tapi kamu butuh tenaga ekstra di awal perjalanan. 

Kamu akan disambut dengan hutan pimpiang. Sejenis rerumputan yang diameter batangnya 2 cm, dengan tinggi lebih dari orang dewasa. 

Setelah hutan itu, barulah kamu akan menempuh jalur yang cukup normal hingga ke hutan lumut Singgalang.


#Hutan lumut singgalang pemikat para pendaki.


 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...