-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Jejak Bebatuan Laut Purba Ngalau Nan Panjang Goa Simarasok Agam Sumatera Barat

foto SAR adventure Simarasok
Ngalau Nan Panjang adalah nama sebuah gua yang berada di Kawasan jorong Simarasok, Kecamatan Baso. Ngalau tersebut memberikan nuansa natural yang menyatu dengan alam. Hal ini didukung dengan adanya gua, sungai, pepohonan rimbun, dan suasana yang segar karena jauh dari keramaian. Ditambah dengan saat memasuki gua, pengunjung bisa menyaksikan indahnya kilauan batu- batu stalaktit dan stalagmit yang ada di dalam gua.

Ngalau yang berukuran cukup besar hingga mencapai ketinggian mulut gua 25 meter dan lebar lebih dari 10 meter tersebut memberikan sensasi alam yang sangat kental. Terlebih untuk menyeberangi sungai, pengujung harus menaiki perahu yang disewakan oleh masyarakat sekitar dan bersedia untuk memandu para pengunjung.

Diketahui, panjang ngalau nan panjang ini kabarnya menghubungkan antara nagari simarasok dengan nagari tabek panjang.

Lokasi Ngalau nan Panjang

Ngalau nan Panjang tepatnya terletak di Jorong Koto Tuo, Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, Kebupaten Agam Indonesia.

Akses Menuju Lokasi

foto Ahmad Hamdoni
Untuk menuju lokasi ini, sobat explore bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat hingga ke pintu gerbang goa. Dari Kota Bukittinggi menuju goa yang eksotis ini, memakan waktu sekitar satu jam lebih ke arah Kota Payakumbuh.

Lokasi Goa Simarasok tidak jauh dari kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Baso. Dari situ, sobat akan menemukan pertigaan di sebelah kiri, sebelum jembatan kecil. Dari pertigaan tersebut sobat bisa menyusuri jalan beraspal sekitar empat meter dengan pemandangan sawah dan bukit barisan yang membentang.

Setelah berjalan sekitar empat kilometer, sobat akan menemukan jalan berbatu dan tanah. Kurang lebih sepanjang satu kilometer hingga pintu goa. Sesampai dipintu Goa Simarasok atau Pintu Ngalau Singkek sobat akan disambut gerbang pintu goa yang indah serta ikan larangan yang dikelola warga setempat.

Untuk bisa masuk ke dalam Goa Simarasok, sobat mesti menyewa perahu sampan yang telah dikelola kelompok wisata setempat. Setelah menaiki sampan, sekitar 10 meter wisatawan langsung sampai di pintu gua. Saat masuk ke dalam goa.

Aliran sungai yang cukup panjang bisa sobat telusuri dengan naik perahu sampan yang bisa disewa dari penduduk setempat. Aliran sungai yang tidak deras akan membuat sobat rileks sambil menikmati suasana alam yang masih asri. Dijamin segala kepenatan pun sirna dari kepala.

Goa Simarasok ini baru dibuka sekitar 2 tahun lalu, sebelumnya hanyalah lokasi tambang pasir masyarakat. “Dulunya lokasi ini hanyalah tempat mencari sarang burung walet dan tambang pasir bagi warga masyarakat setempat. Banyak keindahan, keunikan yang akan Sobat jumpai di objek wisata ini

Tips: Pakailah sepatu atau sendal yang tidak licin dan pengaman lainnya agar aman dan nyaman ketika sobat menjelajahi Goa, bawalah senter atau penerangan lainnya, siapkan kamera anda untuk tidak ketinggalan berswafoto.

foto uda @gaspolbro

 

#piamanexplore


 

Share This Article :

Click here for comments 1 komentar:

  1. dari tumbukkan lempeng bumi, maka terangkatlah daratan dari dasar laut. itu di tandai bebatuan berasal dari antai samudera

    ReplyDelete
1745663973787222366

Rekomendasi 3 Pantai Alami Baik Untuk Keluarga Berlibur Di Padang Pariaman

Piamanexplore- Pagi hari saat cuaca cerah dan hangat kebanyakan dari kita kerap merasa bosan dengan rutinitas sehari-hari dan ingin berlibur...