-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Air terjun Gadih Ranti Dan Sejarah Tersembunyi Di Kabupaten Agam

foto Oel Guci
Wisata Sumbar 2022 ini berupa air terjun yang jatuh bebas dari tebing setinggi 50 m. Air terjun ini gadih ranti pun membelah permukaan air di bawahnya dan membuat buih-buih kecil di sekitarnya. Uniknya, lokasi ini memiliki tingkatan berbeda dan air terjun beragam. Berlanjut ke topik awal kita, Air Terjun Gadih Ranti merupakan air terjun yang tidak begitu populer. Namun jika sobat sudah datang ke lokasi wisata ini, mungkin sobat akan mengulangi dan mengulangi untuk datang ke sini. Karena tempat wisata ini memaparkan keindahan alamnya sekaligus keindahan dari air terjun itu sendiri.

Sekitar air terjun pun ditumbuhi tanaman hijau yang menambah keasriannya. Aliran air di kawasan ini tidak begitu deras sehingga pengunjung dapat bermain air dengan cukup aman. Tak hanya itu, kolam pemandian bernama Gadih Ranti yang terletak di atas air terjun pun menambah daya tarik kawasan ini. Air terjun gadih ranti diapit beberapa air terjun kecil disekitarnya, dalam perjalanan menuju lokasi para wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam dari perbukitan dan udara yang segar.

Asal Usul Nama Air Terjun Gadih Ranti

Di samping airnya yang jernih, bersih, dan juga sejuk, di sini terdapat sebuah kolam pemandian yang bernama pemandian Gadih Ranti yang lokasinya terletak di atas air terjun ini. Menurut cerita masyarakat setempat, dulunya terdapat seorang gadis yang bernama Gadih Ranti yang memiliki paras menawan dan memiliki rambut yang panjang. Gadih Ranti tersebut selalu menjadikan kolam tersebut sebagai tempat mandinya. Gadih Ranti ini juga pernah memerintah di sekitar daerah tersebut. Selama pada masa pemerintahannya, Gadih Ranti ini begitu banyak membangun monumen dan fasilitas masyarakat seperti istana, masjid, dan juga berbagai prasasti. Legenda ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk mengunjungi air terjun tersebut sehingga akhirnya air terjun ini menjadi dikenal di kawasan daerah Kabupaten Agam dan sekitarnya.

Alamat Air Terjun Gadih Ranti

Air Terjun Gadih Ranti tepatnya berada di Nagari Tanjung Sari, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Akses menuju air terjun ini dapat ditempuh melalui perbatasan Jorong Dama Gudang dan Jorong Arikia yang tak jauh letaknya dari Danau Maninjau. Lokasi wisata ini berada kira-kira 1,6 km dari Jln Raya Lubuk basung-Maninjau.

Akses Menuju Air Terjun Gadih Ranti

Untuk sampai ke lokasi kita harus melewati jalan Sao-Arikia dan juga melewati jalan setapak sejauh kurang lebih 500 meter. Jadi bagi sobat yang ingin datang ke lokasi usahakan untuk membawa kendaraan roda dua, tetapi jika fisik sobat memungkinkan silahkan juga untuk membawa mobil. Tetapi nanti sobat harus berjalan lebih jauh lagi untuk mencapai lokasi wisata ini.

foto Risma Yetti Idris

 

#Air terjun gadih Ranti Agam.

 

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...