-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Danau Biru Talawi Mutiara Terpendam Sawahlunto Sumatera Barat

foto Ypds Dedek Yamijar
Danau Biru Talawi bukanlah danau alami, melainkan danau yang terbentuk akibat pengerukan proses pertambangan batu bara selama bertahun-tahun. Secara geografis wilayah sekitar danau adalah dataran tinggi yang ditumbuhi oleh banyak pepohonan hijau. Danau ini terbentuk bukan karena aktivitas vulkanik oleh gunung, melainkan terbentuk dari bekas dari penambangan batu bara yang sudah berdiri sejak 1891. Danau biru talawi terletak di Tumpuak Tangah, Talawi, Sawahlunto, Sumatra Barat.

Wisata Sumbar yang satu ini pernah hits tahun-tahun lalu memiliki keindahan danau dengan air birunya yang menyegarkan. Pengunjung pun dapat hiking di area ini, sambil menikmati permata tersembunyi. Pengunjung dapat mencapai wisata Sumbar ini dengan berkendara sejauh 13 km dari pusat kota Sawahlunto.

Air yang mengisi danau adalah air hujan yang tertampung, karena jumlah debit air semakin banyak kemudian terbentuklah danau ini. Ada juga yang mengatakan bahwa air di Danau Biru Sawahlunto yang jernih ini muncul dari endapan air bawah tanah. Jika benar air danau muncul dari endapan bawah, pantas saja jika air danau terlihat jernih, mungkin karena kandungan mineralnya yang tinggi.

Alam Yang mengagumkan

Tidak usah diragukan lagi keindahan alam dari Danau Biru ini. Birunya air danau akan terlihat semakin cantik dan tampak berkilau bak berlian saat terkena pantulan sinar matahari saat siang hari. Anda bisa menikmati pemandangan ini dari ketinggian bukit samping danau atau juga bisa melihatnya di pinggiran secara langsung.

Jalan Rute Menuju Danau Talawi

Lokasi Danau Biru Sawahlunto tepatnya berada di Tumpuak Tangah, Talawi, Sawahlunto, Sumatera Barat. Danau ini juga masih berada pada kawasan Prambahan, Talawi yang terkenal akan wisata sejarahnya.

Jika Anda berencana mengunjungi danau eksotis di Sawahlunto ini, lebih baik Anda menggunakan kendaraan roda dua. Namun jika Anda tidak memiliki kendaraan roda dua, ada jasa ojek yang akan membantu Anda menuju wisata danau ini. Jarak yang akan Anda tempuh sekitar 13 km jika berangkat dari pusat kota.

Tiket Masuk ke Danau Talawi

Pengelola wisata danau ini masih dari masyarakat sekitar, jadi mereka belum bisa mematok harga pasti untuk masuk di kawasan ini. Pemerintah tampaknya masih belum ikut campur tangan untuk biaya akomodasinya. Masyarakat sendirilah yang memiliki inisiatif untuk mengelola wisata Danau Biru ini, dan penghasilannya akan digunakan untuk pemasukan desa.

Harga tiket masuk yang harus dibayarkan oleh para pengunjung yaitu Rp 5.000. Dengan harga tiket tersebut, para pengunjung dapat menikmati keindahan panorama yang ada di obyek wisata. Namun belum temasuk biaya parkir kendaraan.

foto Ypds Dedek Yamijar

 

#Danau Talawi wisata alam Sawahlunto.

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...