-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

6 (Enam) Desa Wisata Menarik Di kota Pariaman

Berbicara pariaman tentu saja bukan hanya tentang wisata pantai yang indah seluruh elemen di pariaman berlomba-lomba menggali potensi yang ada desa desa di pariaman bangkit memperkenalkan alam mereka pada dunia wahana wisatanya agar desa mereka dikunjungi oleh wisatawan. inilah beberapa desa wisata yang dapat piamanexplore himpun untuk anda.

1. Desa Wisata Tungkal Selatan


Desa wisata tungkal selatan sudah dua tahun lebih saat ini ketika pertama kali diperkenalkan saat itu tahun baru 2020, sebuah permainan dan destinasi wisata baru yang terletak di desa tungkal selatan kecamatan pariaman utara kota pariaman sumatra barat. Lebih tepatnya di simpang apar pariaman belok ke arah desa cubadak aie terus ke simpang tugu desa sikapak belok kiri terus lurus ikuti saja jalannya maka anda akan sampai di gerbang desa tungkal selatan. Dari gerbang desa ini sudah terlihat wahana agro wisata di desa tungkal selatan.

Tahun baru 2020 saat itu masih tahap uji coba, animo dan antusias masyarakat sekitar dan pengunjung yang penasaran dengan wahana agro wisata ini terus berdatangan, untuk sekedar uji coba bahkan uji nyali untuk menikmati sepeda gantung dan flying fox, adapun wahana balon udara hanya prototipe saja bisa dinaiki untuk berselfi dari ketinggian seakan berasa di capadocia nya pariaman.

2. Desa Wisata Pauh Timur

Sepertinya desa pauh timur ini sangat serius untuk menjadikan desanya menjadi desa wisata buktinya beberapa bulan lalu juga ada jembatan rajang kampuang sato yang sudah berusia hampir 50 tahun di sulap menjadi jembatan selvie, tempat untuk berfoto bagi kaum milenial pada malam hari karena dipasangi payung-payung kecil juga lampu yang gemerlap sehingga jembatan rajang  ini cukup menarik untuk dijadikan spot foto.

Beberapa bulan kemudian Desa pauh timur kembali hadirkan destinasi wisata baru dengan nama "Wisata Sawah". Objek wisata ini terletak di Dusun Kampung Sato,Desa Pauh Timur, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman. Pengembangan destinasi wisata baru di Kota Pariaman makin hari makin menampakkan perkembangan yang begitu baik. "Wisata Sawah dibangun melalui alokasi dana ADD Desa. Apa yang menarik di wisata jembatan sawah?

Pada siang hari Jika dilihat dari bawah sebelum anda menaiki atau memasuki wisata jembatan sawah ini tak tampak menarik, opss jangan pergi dulu cobalah parkirkan kendaraan anda naikilah tangganya ketika anda sampai diatas raga anda akan meronta untuk segera mengambil kamera mengabadikannya foto demi foto berselvie ria.

Dipasangi lampu-lampu Pada malam hari Wisata Jembatan sawah ini juga tampak begitu menarik karena dihiasi oleh lampu-lampu yang gemerlap sehingga mendadak jadi ramai tempat berswafoto baru bagi kaum milenial, dan menjadikan destinasi wisata jembatan sawah ini mampu menjadi daya tarik bagi kaum muda untuk berswafoto ria. Pada malam hari tampak banyak warga yang datang kesini hanya untuk berfoto saja.

Baca Juga: 11 Destinasi wisata menarik di pariaman

                 18 Wisata menarik di kabupaten padang pariaman

                 Wisata baru jembatan sawah pariaman 

                 wisata baru menikmati hijaunya persawahan dan kolam terpanjang di pariaman

3. Desa Air Santok

Desa Air Santok merupakan salah satu desa dalam wilayah Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Secara administratif, wilayah Desa Air Santok memiliki batas sebagai berikut : Sebelah Barat berbatas dengan Desa Sungai Pasak, Sebelah Timur berbatas dengan Desa Kajai. Sebelah Utara berbatas dengan Desa Cubadak Mentawai,  Sebelah Selatan berbatas dengan Desa Punggung Lading.

Wisata Desa Kolam Terpanjang Di Pariaman

Pemerintahan Desa Air Santok Pariaman Timur menjadikan Batang air Santok menjadi lokasi pemandian sejak beberapa tahun lalu. Pinggiran atau bantaran Batang air Santok juga dibuat berbagai ornamen seperti jembatan melengkung dan lukisan mural ceria.

air yang berasal dari Ampang Santok terkenal sangat jernih. Bahkan Ampang Santok sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan kemudian dibangun Irigasi Santok yang diresmikan oleh Wakil Presiden pertama RI Muhammad Hatta.

Wisata Asyik Menikmati Hijaunya Persawahan

Selain kolam terpanjang yang dimiliki desa air santok kini sudah ada taman untuk bermain sambil menikmati hijaunya areal di tengah-tengah persawahan. Bagi pengunjung dapat melihat langsung bagaimana petani sedang menggarap sawah wisatawan bisa melihat petani menebar benih, melihat hijaunya hamparan sawah dari dekat dan menyaksikan panen padi.

Di taman wisata ini track nya di rabat beton dihiasi dengan lukisan 3D jadi menambah keindahan bagi sobat Explore yang ingin berswafoto. Disini di taman wisata persawahan ini tersedia banyak bangku-bangku yang terbuat dari besi jumlahnya sekitar 8 bangku buat anda bersantai. Disediakan juga 3 buah ayunan yang terdiri dari 2 ayunan bak sarang burung berwarna cerah dan satu ayunan besar yang dapat anda nikmati.

Bagi sobat Explore yang membawa anak-anak, juga bisa bermain permainan ular tangga bersama adik, kakak maupun teman gambar ular tangganya disini sudah tersedia pada lantai track taman dalam bentuk lukisan 3D. Pada malam hari disini juga menarik Jika anda datang pada malam hari di taman wisata sawah ini sudah memiliki fasilitas lampu penerangan.

4. Desa Batang Kabung

Desa batang kabung Menurut cerita dahulu kala ada batang pohon yang disambung-sambung dalam bahasa minangnya batang kabuang.

Apa saja yang ada di desa batang kabung? Wilayah desa batang kabung diapit oleh sungai dan persawahan menjadikan desa batang kabung memiliki beragam potensi yang layak untuk diketahui. Desa batang kabung memiliki aliran sungai yang melintasi desa, sungai ini menjadi sumber air bagi warga untuk mandi dan mencuci. Disini juga terdapat jembatan peninggalan sejak zaman belanda biasa masyarakat piaman menyebutnya jembatan rajang, jembatan rajang berfungsi sebagai saluran irigasi yang mengairi kesawah warga. Jembatan rajang dulu menjadi tempat favorit bermain bagi anak-anak melompat dan berenang.

Didesa ini banyak memiliki usaha kecil milik warga yang sudah cukup dikenal seperti: Usaha Ladu arai pinang. Usaha ladu ini sudah berkembang juga sudah melakukan pengiriman keluar daerah bahkan sampai kenegara tetangga seperti malaysia. Usaha Keripik singkong yang masih diolah secara tradisional.

Usaha Bordir mukena para pengrajin mukena dapat membeli bahan bakunya di BUMDES batang kabung. Masyarakat juga banyak Bertani dan berkebun seperti berkebun pepaya dan berkebun jagung.

Terlepas dari semua keadaan ini desa batang kabung ternyata memiliki cerita sejarah, sebuah makam yang ada di mesjid raya batang kabung kerap kali dikunjungi masyarakat luar daerah yang menganggap makam tersebut makam keramat hal tersebut menjadikan desa ini ramai dikunjungi dihari hari tertentu. Desa batang kabung masih sangat asri dengan memiliki banyak potensi yang bisa dibuat untuk menjadi tempat wisata.

5. Desa pakasai

Desa pakasai masih kental dengan unsur-unsur alamnya, dari segi ekonomi desa ini sangat maju dan berkembang tanpa meninggalkan kearifan lokal yang sudah diwariskan secara turun-temurun. Desa pakasai terletak di kecamatan pariaman timur kota pariaman provinsi sumatra barat.

Sawah-sawah yang membentang disepanjang lembah, air yang mengalir dari hulu ke hilir, tanah yang subur untuk para petani menanam padi. Sepintas desa ini tak jauh berbeda dengan desa lainnya tapi jika ditelusuri banyak keindahan alam yang dapat ditemui di desa ini. Hamparan sawah bak permadani yang senantiasa menampung masyarakatnya.

Masayarakat desa pakasai sangat lihai bertani dan berkebun seperti singkong didesa pakasai singkong dikelola menjadi kerupuk yang biasa disebut masyarakat kerupuk panci, kerupuk panci sudah lama ada. Kerupuk panci sudah menjadi warisan turun temurun bagi masyarakat desa pakasai bahkan menjadi makanan khas bagi masayarakat desa pakasai.

6. Desa Kampuang Kandang

Desa kampuang kandang kecamatan pariaman timur kota pariaman. Simpang kampuang kandang ini tepatnya dekat sekali dengan gardu induk PLN kota pariaman dan dekat juga dengan SPBU kurai taji. Ada wisata yang menarik di desa kampuang kandang yaitu jembatan pelangi yang dibangun menggunakan dana desa. Jembatan yang panjangnya 360 meter ini dibangun oleh masyarakat desa kampuang kandang, dikanan dan kirinya terlihat kebun bunga-bunga warga menambah keindahan pemandangan desa disana cocok sekali bagi wisatawan yang ingin berswafoto. Tiket masuk ke jembatan pelangi ini terbilang sangat murah hanya Rp 2.000 saja bagi pengunjung yang usianya mulai 6 tahun ke atas. Ketika penulis berkunjung kejembatan pelangi ini tidak dimintai biaya parkir kendaraan.

Dijembatan pelangi ini ada parit mengalir dibawahnya terdapat ikan mas atau bermacam aneka ikan didalamnya, terdapat juga rumah pohon yang tinggi menjulang hingga puncak ada 4 lantai yang bisa wisatawan nikmati pemandangan alam dari ketinggian.


#piamanexplore.com

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...