-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

30 Menit menuju Air Terjun Langkuik Tamiang Malalak Agam SUMBAR

foto rodi
Air terjun langkuik tamiang terkenal di ranah minang, banyak penyebutan air terjun yang berbeda-beda di ranah minang seperti langkuik, nyarai, sarasah dan baburai-burai tapi denghan satu arti yang sama yaitu air terjun.

Sungguh, air terjun ini seperti bidadari, tersembunyi di kabupaten Agam. Tempatnya mempesona dan pemandangannya bikin adem mata bagi siapa pun yang melihatnya. Karena lokasinya berada di kaki gunung, tepatnya lagi di tengah hutan, maka air terjun ini sangat recommended buat sobat yang hobi pendakian.

Nah, salah satu keunikan dari air terjun yang tingginya 100 meteran ini terletak pada curahannya yang bagitu banyak sehingga kaka bisa berendam di air seger ini.

Malalak adalah surganya air terjun karena terdapat jumlah yang banyak air terjun disana, baik yang jalur nya belum jelas yang sering di kunjungi dan yang jarang dikunjungi. Tak mengherankan karena daerahnya berada di kaki gunung singgalang.

Kelebihan Air Terjun Langkuik Tamiang

foto arya_salim
Langkuik Tamiang punya ciri khas tersendiri, yakni terdapat satu air terjun yang cukup tinggi namun debitnya kecil. Kemudian di tebingnya juga mengalir air yang membentuk tirai.

Lokasi Air Terjun Langkuik Tamiang

Alamat : Air terjun ini terletak di jalan lintas Bukittinggi - Pariaman. Mencari lokasi nya tidak lah sulit lagi, karena di pinggir jalan sudah ada plang merek air terjun nya. Dari lokasi tempat parkir motor kita hanya butuh waktu 30 menit perjalanan kaki, lokasi jalan lumayan susah karna keadaan jalan licin akan tetapi semua itu tidak masalah, karena sepanjang jalan kita dimanjakan oleh pemandangan hutan kayu manis... dan sungai2 yg sangat indah.

Air terjun langkuik tamiang berada di kenagarian malalak selatan  Kec. Malalak, sisi barat gunung Singgalang, Agam Sumatera Barat Indonesia.

Akses Menuju Air Terjun Langkuik Tamiang

Untuk bisa mencapai lokasi tempat Air Terjun Langkuik Tamiang ini berada, maka hal pertama yang harus dilakukan oleh para sobat explore adalah menuju ke daerah Nyiua yang memiliki jarak sekitar kurang lebih 35 KM dari kota Bukittinggi dan sekitar 60 KM jika anda memulai perjalanan dari kota Padang. Kemudian, sobat tentunya akan disambut dengan baik oleh para warga dan juga pemuda daerah setempat yang tentunya juga siap untuk mengantarkan dan menemani sobat sampai ke lokasi Air Terjun Langkuik Tamiang ini.

Untuk perjalanan dari daerah Nyiua ini ke Air Terjun Langkuik Tamiang, maka akan dibutuhkan waktu perjalanan selama sekitar 45 menit dengan melakukan trekking. Jalur trekking berupa perkebunan dan juga hutan yang masih sangat hijau akan menemani sobat dan juga harus anda taklukkan selama di perjalanan.

Tips ke air terjun langkuik tamiang

Sangat disarankan bagi sobat semua untuk mengunjungi air terjun langkuik tamiang pada waktu sebelum jam 12 siang. Hal ini dikarenakan daerah Malalak lokasinya langkuik tamiang cuacanya sangat cenderung hujan, apalagi jika sobat berada di kawasan ini di saat matahari mulai turun.

Datanglah ketika musim panas jika musim hujan takutnya terjadi banjir bandang di lokasi air terjun dan menyapu semua yang ada di lokasi beberapa tahun lalu pernah terjadi air bah datang tak disangka tiba-tiba air meluap hanyut beberapa pengunjung dan satu dinyatakan meninggal. Sejak musibah ini air terjun di tutup sementara waktu.  

Bawalah bekal makanan dari luar untuk sobat nikmati setelah mandi-mandi di langkuik tamiang Agar tidak tersesat sewalah jasa pemandu dari warga sekitar. Siapkan fisik yang fit Rata-rata jalan menuju air terjun cukup menguras tenaga.

foto anak-anak minang

#piamanexplore

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...