-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Taman Wisata Alam Dan Pemandian Air Panas Rimbo Panti Pasaman

Objek wisata alam pemandian air panas Rimbo Panti merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di kawasan cagar alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman Sumbar. Tempat ini bisa memanjakan sobat untuk mandi-mandi dengan air panas alami yang bersumber dari energi panas bumi atau disebut geothermal.

Udaranya yang sejuk dan beraroma basah menjadi suatu sensasi tersendiri saat anda melewati jalur wisata Rimbo Panti. Setelah anda menelusuri jalan setapak yang berupa jejeran tunggul kayu, perhatian anda akan beralih pada perubahan landscape yang ada di sana. Di  tengah rimbunnya hutan ini, maka sobat explore bisa menemukan kehangatan dari banyaknya sumber air panas dan juga mata air yang terdapat di daerah sekitarnya.

foto Iyul_enjeng
Rimbo Panti ini memiliki beberapa titik mata air panas yang berupa telaga-telaga baik kecil maupun besar dengan memiliki suhu air rata-rata 60 derajat Celcius. Bahkan disini juga terdapat telaga yang memiliki suhu air yang mencapai 100 derajat Celcius yang juga merupakan suhu titik didih air.

Air panas yang terdaat di banyak titik di sekitar kawasan ini berasal dari sumber energi geothermal yang ada di sekitarnya. Pada lokasi ini, kebanyakan wisatawan yang datang membawa telur mentah yang kemudian bisa direbus selama 10 menit dan akhirnya matang. Pemandangan ini adalah hal yang biasa di Rimbo Panti ini. Disini juga disediakan kolam air panas bagi anda yang ingin berenang seraya menikmati keindahan alam Rimbo Panti ini.

foto Rani_luci
Lokasi Wisata Rimbo Panti

Lokasi wisata pemandian air panas rimbo panti ini berlokasi di kecamatan panti Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat. Rimbo Panti ini terbelah oleh ruas jalan lintas yang menghubungkan provinsi Sumatera Barat dengan provinsi Sumatera Utara. Lokasinya cukup mudah diakses oleh para pengunjung karena posisinya terletak di sebelah kiri dan kanan jalan lintas Bukittinggi-Medan. Lokasi ini berjarak 30 KM dari Lubuk Sikaping, yang merupakan ibu kota Kabupaten Pasaman, sekitar 100 KM dari kota Bukittinggi, atau dengan kata lain 180 KM dari Kota Padang.

Taman Wisata Alam Rimbo Panti bakal membuat Anda betah oleh koleksi tanaman dan hewan langka. Selain itu, disempurnakan oleh pemandian air panas dan dekorasi kawasan sangat cantik membuat siapapun betah berlama-lama.

Fasilitas Yang Terdapat Di Wisata Alam Rimbo Panti

Fasilitas yang tersedia di Objek Wisata Cagar Alam Rimbo Panti antara lain: kolam pemandian air panas, toilet, musholla, area parkir, taman rekreasi/taman bermain untuk anak-anak, jalan setapak, tempat duduk, gerbang masuk, dan kios makanan.

Keunikan Diwisata Alam Rimbo Panti

Memiliki sumber air panas yang berasal dari tanah, Didominasi oleh pohon Beringin, Ditumbuhi juga oleh pohon Ketapang, Habitat fauna yang mendominasi adalah rangkong, dan binatang lainnya seperti monyet, ular, rusa, dan babi hutan.

Tiket Masuk Wisata Alam Rimbo Panti

Biasanya biaya tiket masuk ke pemandian alam air panas rimbo panti tidak di pungut biaya hanya saja di hari-hari tertentu saja seperti hari libur saja seperti pada liburan lebaran.

foto Rani_luci

 

Sobat tak akan menyesal bila datang kemari.

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...