-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pemandian Alami Batang Tabik Berenang Dengan Ikan keramat

foto Avheswon
Wisata pemandian batang tabik  adalah wisata pemandian alami yang sumber airnya berasal dari mata air pegunangan yang mana sumber mata air ini sudah ada sejak tahun 1970an yang tidak pernah surut atauh habis. Pada saat kita berenang kita di temani dengan ikan-ikan keramat yang mana kalau kita tangkap dan makan kita akan sakit atau terkena musibah. berenang di batang tabik cukup seru karena airnya alami dan tempatnya juga bersih.

Penamaan Batang Tabik

Objek wisata alam yang berupa Pemandian Batang Tabik ini memiliki luas 1 hektar. Air jernih di kolam pemandian inipun ternyata berhulu dari sumber air yang alami dari air yang ada di perbukitan sekitarnya. Nama tabik berasal dari kata ‘terbit’ yang berarti muncul dikarenakan sumber air yang keluar kemudian muncul dari tanah serta dibendung dan akhirnya menjadi sebuah kolam pemandian.

Tiga Kolam Saling Terhubung

Di area ini, sobat  juga bisa menemukan tiga buah kolam yang saling terhubung dan sengaja di buat. Kolam tersebut berupa kolam ibu, kolam anak-anak, serta kolam dewasa. Untuk kolam anak-anak dibuat lebih dangkal, sedangkan kolam dewasa agak dalam. Untuk kolam ibu sendiri, bukan berarti kolam ini hanya diperuntukkan untuk ibu-ibu.

Kolam ibu ini adalah kolam yang kemudian langsung dialiri mata air yang menjadi sumber dari air di kolam ini. Kolamnya masih sangat alami dan juga tidak di semen maupun dikeramik. Akan tetapi, anda masih bisa melihat ke arah dasar kolam karena airnya begitu jernih. Di kolam ibu ini juga sering terlihat adanya ikan zebra yang sampai sekarang masih menjadi misteri akan asal muasal keberadaannya.

Ikan Zebra

Ikan zebra dari segi namanya memang terdengar unik. Ikan zebra  disini adalah sejenis ikan nila yang ukurannya kecil hanya seukuran dua telunjuk saja. Menariknya lagi, jenis ikan ini tidak ada dimana pun.

Banyak yang bercerita bila ikan zebra berasal dari Danau singkarak. Entah benar atau tidak tetapi, hewan satu ini tidak bisa berlama-lama hidup di luar air. Sekali bertelur, satwa satu ini bisa mencapai ratusan butir

Ikan ini cenderung egois tidak boleh ada ikan lain yang masuk. Suka makan lumut dan lebih sering berada di dasar dari pada di permukaan. Bentuknya pun sangat lucu, terdapat garis-garis hitam seperti zebra. Gerakannya lincah dan sangat gesit.

Lokasi Pemandian Batang Tabik

Secara administratif, Batang Tabik berlokasi di Nagari Sungai Kamuyang, Kecamatan Luak kota payakumbuh lima puluh kota sumatera barat Letaknyapun di pinggir jalan sehingga tidaklah sulit ditemukan. Jarak yang ditempuh dari pusat kota Payakumbuh tidak begitu jauh dan hanya sekitar 5 KM.

Fasilitas Pemandian Batang Tabik

Dipemandian batang tabik tersedia ruang ganti pakaian, toilet dan juga ada loker yang membuat barang barang bawaan anda aman dan terjaga. Disekitar area pemandian tersedia juga beberapa warung yang menjual berbagai makanan dan cemilan khas daerah yang bisa anda beli dengan harga mulai 10.000 rupiah saja. 

Baca juga:info destinasi wisata water park batang tabik

Tiket Masuk Pemandian Batang Tabik

Menikmati Batang Tabik yang mengesankan ini, kita akan dikenakan biaya 10 ribu rupiah. Untuk Jam operasionalnya kita bisa datang pukul 1 siang hingga 5 sore. Untuk hari kamis, tempat ini akan tutup. Sementara pada hari jumat akan dibuka pada pukul 8 pagi hingga pukul 12 siang dan lanjut kembali pada pukul 1 siang hingga 5 sore.


#Piamanexplore

 

Share This Article :
1745663973787222366

Asal-Usul Kata Pariwisata Di Indonesia: Menelusuri Sejarah Industri Perjalanan

Piamanexplore- Sekitar awal dasawarsa 1960 an menteri pendidikan dan kebudayaan Dr. Prijono menciptakan kata pariwisata . M enurut kata s...