-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

18 Kumpulan Wisata Menarik Di Kabupaten Padang Pariaman Sumatra Barat Indonesia

kumpulan foto wisata pd.pariaman

Piamanexplore.com-Sumatera barat merupakan provinsi di Pulau Sumatera yang berada di pesisir selatan. 

Sumatera Barat yang sering di singkat Sumbar berada di barat bukit barisan sehingga memiliki bentuk geografis yang bergelombang berupa perbukitan dan pegunungan.

Jika anda berlibur di sumatera barat jangan lupa singgah dan berlibur juga di kabupaten padang pariaman, berikut 20 kumpulan wisata di kabupaten padang pariaman.

Baca juga: 11 destinasi wisata menarik di kota pariaman

     1. Lubuak Nyarai

lubuak nyarai eksotis

Air terjun lubuak nyarai terletak dipedalaman hutan gamaran jorong gamaran, korong salibutan kecamatan lubuk alung kabupaten padang pariaman sumatra barat indonesia. 

Mahakarya sang pencipta ini terbentuk secara alami air terjun nyarai yang berasal dari anak sungai nyarai ini jatuh dibawah telaga. 

Perjalanan ditempuh selama lebih kurang 2 jam berjalan kaki ini pun tergantung bagaimana cara anda menikmatinya. 

Dengan jarak tempuh 5,5 km sembari melihat pemandangan alam yang eksotis dan berbagai macam flora dan fauna.

     2. Lubuak Bonta

pemandian lubuak bonta

Lubuak bonta sudah dikenal lama di era tahun 1970 an lubuak bonta ini sangat populer dikalangan masyarakat setempat hingga saat ini pun juga begitu. 

Dilihat dari banyak nya pengunjung ada sekitar ratusan wisatawan datang setiap harinya dilokasi wisata pemandian ini, baik wisatawan lokal maupun luar daerah. 

Wisata pemandian lubuak bonta ini tepatnya terletak di korong tarok, kenagarian kapalo hilalang, kecamatan 2x11 kayutanam, kabupaten padang pariaman sumatra barat. 

Dari simpang tarok sekitar 15 menit untuk sampai kelokasi pemandian tidak ada biaya masuk sama sekali hanya biaya parkir sepeda motor diminta Rp 5.000. 

setelah motor diparkir lanjut jalan kaki menyusuri turunan anak tangga ketika sampai dibawah terlihat ada warung kecil beberapa orang penjaga nah disini  diminta uang kebersihan Rp 2.000.

     3. Lubuak Hijau

ngecamp di lubuak hijau

Wisata di sungai geringging: Kalau kita berbicara wisata tidak ada habisnya katanya ada banyak wisata alami disana. 

Kini kita melihat wisata pemandian lubuak hijau, pemandian ini dialiri oleh sungai yang membentang hingga ke kecamatan sungai limau. 

Sebenarnya lubuak hijau telah dipakai puluhan tahun oleh warga sekitar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari namun warga sekitar tidak mempopulerkan pada kalayak ramai. 

Sebelum populer warga sekitar menamakannya sebagai lubuak payuak (periuk) karena ada disatu titik pemandian lubuak itu dahulunya memiliki pusaran air yang bisa memutar siapa yang mandi disana.

Satu tahun belakangan ini lubuak payuak ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun warga yang datang dari luar kecamatan itu sendiri.

Setiap harinya ada puluhan hingga ratusan pengunjung yang datang kesana, karena airnya berwarna kehijauan maka pengunjunglah yang memberi nama lubuak hijau.

     4. Lubuak Ngungun

Lubuak ngungun pemandian alam yang tersembunyi di kayutanam tepatnya terletak di korong sipisang sipinang nagari anduriang kecamatan 2x11 kayutanam kabupaten padang pariaman. 

Simpang untuk memasuki kenagarian anduriang ini tepat dekat dengan pasar kayutanam jika anda dari sicincin lewat sedikit dari pasar kayutanam belok kanan masuk melewati gerbang mesjid besar kayutanam. 

Untuk sampai dilokasi tersebut pengunjung harus melewati jalan aspal, jalan rabat beton, dan jalan setapak kiri-kanan banyak terlihat pohon durian, kayu tanam memang terkenal dengan duriannya. 

Jangan takut untuk mencapai lokasi air terjun ngungun ini cukup mudah bisa dilalui kendaraan roda dua bahkan mobil roda empat sekalipun.

     5. Pantai Tiram

pantai tiram

Pantai tiram terletak dinagari tapakis kecamatan ulakan tapakis kabupaten padang pariaman sumatra barat dengan jarak tempuh 25 km dari kota padang dan 12 km dari bandara internasional minangkabau (BIM). 

Pantai tiram masih dibilang sangat muda lokasi ini baru dibuka sekitar tahun 2007 dan dilakukan pengembangan revitalisasi pada tahun 2014. 

Pantai tiram sudah ditunjang oleh ketersediaan sarana dan prasarana yang sudah dibangun oleh pemerintah kabupaten padang pariaman.

Seperti tempat parkir, panggung kesenian, menara pandang, toilet, mushola kecil untuk beribadah meskipun sarana masih minim tapi disisi lain keasrian pantai tiram menjadi daya tarik yang kuat bagi wisatawan untuk berkunjung.

     6. Pantai penyu Gasan Gadang

pantai penyu gasan gadang

Pantai penyu gasan gadang terletak di ujuang labuang nagari gasan gadang kecamatan batang gasan kabupaten padang pariaman sumatra barat. 

Pantai penyu batang gasan sebenarnya bukan kawasan wisata tapi lebih tepatnya kampung nelayan karena sebagian besar mata pencaharian warga disini adalah melaut menangkap ikan. 

Bagi teman-teman yang hobi travelling pantai penyu ini layak anda kunjungi. 

Pantai ini banyak ditumbuhi pohon, bibir pantai tidak terlalu curam keasrian panorama nya mampu menyatukan kita dengan suasana harmoni alam pantai yang damai. 

Keramahan penduduk setempat akan terasa hangat saat mampir sejenak untuk menikmati rona dan pesona alam yang mampu menghilangkan rasa jenuh dan lelah. 

Sebab disini anda juga bisa menyaksikan aktifitas nelayan ditengah pemukiman mereka.

     7. Pantai Arta Permai

pantai arta permai

Pantai Arta permai menjadi pantai yang termasuk banyak pengunjung setiap libur lebaran pantai ini mengadakan sebuah acara pesta pantai seperti permainan musik dan permainan menarik lainnya karena juga aksesnya yang sangat mudah dijangkau. 

Pesona alamnya indah alami pohon kelapa dan pinus tumbuh lebat kokoh dan besar di area pantai ini seperti kita berada di tengah hutan. 

Sejauh mata memandang terhampar pantai berpasir putih dengan hembusan angin laut pohon-pohon tumbuh dengan rindang memberikan kita rasa nyaman.

     8. Pantai Pasir Baru

pantai pasir baru perkampungan nelayan

Bagi teman-teman yang hobi travelling pantai pasir baru layak anda kunjungi. 

Dulunya pantai ini banyak ditumbuhi pohon pinus tapi beberapa dekade pohon-pohon pinus tak seberapa yang tersisa disebabkan abrasi pantai yang terjadi ber ulang-ulang sehingga pohon-pohon banyak roboh oleh gelombang pasang. 

Perahu-perahu penangkap ikan akan terlihat berjejeran tersandar di pantai ini jika berkunjung di pagi hari menjelang siang ketika nelayan baru pulang melaut. 

Menyaksikan nelayan mengeluarkan hasil tangkapan dari perahu mereka secara langsung, kita juga dapat terlibat menarik mengangkat perahu mereka ke bibir pantai untuk disandarkan. 

Jika nelayan beruntung hasil tangkapannya banyak biasanya nelayan akan memberi anda beberapa ikan atau kepiting untuk di bawa pulang. Bisa saja ikan-ikan hasil tangkapan nelayan langsung dibeli jangan lupa negosiasi dari atas perahu.

     9. Pasie Katapiang

pasie katapiang cocok buat keluarga

Katapiang merupakan salah satu nagari yang terdapat dalam kecamatan batang anai kabupaten padang pariaman provinsi sumatra barat indonesia. 

Nagari katapiang memiliki keindahan pantai yang sangat cantik menakjubkan lokasi yang masih asri dengan pohon pinus yang mendominasi. Pepohonan yang tumbu disepanjang garis pantai. 

Pantai katapiang biasa masyarakat menyebut pasie katapiang ini sangat direkomendasikan bagi pecinta sunset baik untuk berselfi mengabadikan foto atau hanya sekedar menikmati matahari terbenam. 

lokasi nya hanya berjarak sekitar 3 km dari bandara internasional minangkabau.

Pantai katapiang dikelola oleh nagari yang melibatkan masyarakat setempat selalu ramai pengunjung karena setiap hari di pantai ini dilakukan jual beli ikan hasil tangkapan nelayan maka masyarakat lokal selalu ramai datang terjadilah jual beli seperti di pasar. 

Tidak hanya ikan yang dijual dipantai ini masih banyak barang dagangan lainnya yang dijual disini seperti sembako, baju, kuliner serta mainan anak-anak.

     10. Pantai Baselona

pantai dengan bibir pantai curam

Pantai baselona, kata baselona berasal dari kata Baselo-Bana sebuah ungkapan sehari-hari ketika sedang duduk-duduk dipantai, untuk mempermudah penyebutan dipakailah kata Baselona. 

Ketika sore dipantai Baselona banyak dikunjungi anak muda-mudi baik hanya sekedar foto-foto maupun mandi dipantai ini. 

Walau ombaknya sangat besar dan gulungannya tinggi kuat tapi mereka tak takut mungkin karena mereka sudah terbiasa dengan ombak pantai Baselona.

Pantai Baselona mempunyai riwayat tersendiri untuk dijadikan objek wisata yang berada di pesisir pantai korong lohong nagari kuranji hilir kecamatan sungai limau kabupaten padang pariaman provinsi sumatera barat berjarak berjarak sekitar 14 km dari kota pariaman.

     11. Air Terjun Rimbo Tatutuik

air terjun rimbo kalam/tatutuik

Air terjun rimbo kalam atau sering juga disebut air terjun rimbo tatutuik ini terletak di korong rimbo sianok kampuang tanjuang nagari III koto aur malintang selatan kecamatan IV koto aur malintang kabupaten padang pariaman. 

Secara geografis daerah ini banyak bukit lembah dan air terjun salah satunya adalah air terjun rimbo tatutuik (tertutup), kenapa namanya tatutuik karena memang ketika sampai dilokasi air terjun ini ditutupi oleh bukit yang menjulang tinggi disamping kiri dan kanannya.

Perjalanan menyusuri air terjun ini sudah direncanakan beberapa minggu lalu pada pagi hari keberangkatan hujan turun dengan derasnya hingga kami dan rombongan membatalkan niat untuk berangkat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Kawasan air terjun rimbo tatutuik merupakan salah satu air terjun tertinggi di kabupaten padang pariaman. 

Dari rumah warga terdekat dengan menyusuri jalan setapak 1,5 jam hingga 2 jam berjalan kaki anda akan sampai ke air terjun rimbo tatutuik. 

 12. Air Terjun Pelangi

air terjun pelangi asri alami

Air terjun pelangi salah satu objek wisata yang terletak di asam pulau nagari anduriang kecamatan 2x11 kayutanam kabupaten padang pariaman sumatera barat indonesia. 

Lebih tepatnya jika anda ingin berkunjung simpang jalannya dekat dengan pasar lubuk alung simpang balah hilia lewat nagari pasia laweh terus ke asam pulau.  

Wisata air terjun pelangi awal mula dibuka pada bulan maret tahun 2013 yang dikelola pokdarwis IPLC kepanjangan dari ikatan pelangi lubuak cukam, karena agar lebih simpel pihak pariwisata kabupaten padang pariaman menyebutnya pokdarwis air terjun pelangi.

Bagi anda wisatawan yang ingin berkunjung ke air terjun pelangi maka siapkan tenaga ekstra karena jalur utama yang akan dilalui cukup menguras tenaga dan sangat mengasyikkan. 

Menyusuri sungai, tiga kali nyeberang sungai, melewati bebatuan besar, terowongan batu, dan lebatnya hutan bukit barisan. 

Air terjun pelangi mempunyai tinggi 60 meter mengalir dibawahnya sungai gariang. Namanya air terjun pelangi karena jika cuaca bagus pada siang menjelang sore biasanya ada pelangi disekitaran air terjun yang menjadi daya tarik lebih bagi wisatawan. 

     13. Air Terjun Baburai

air terjun baburai

Air terjun baburai yang terletak di korong alahan tabek, nagari sikucur, kecamatan V koto kampung dalam, kabupaten padang pariaman sumatra barat. 

Jika anda sudah pernah kesini tentunya anda tak akan menyesal karena air terjun yang satu ini memiliki pesona alam yang sangat indah jika beruntung wisatawan akan ditemani ula mayang/pelangi sepanjang hari saat berada di air terjun baburai ini.

Ketika cuaca bagus setelah hujan air terjun baburai memiliki tiga air nan air yang jatuh bersamaan di atas bukit. 

Dari kota padang jarak air terjun ini berkisar 70 km dan 20 km dari kota pariaman, disela-sela perjalanan anda juga akan menikmati keindahan alam disepanjang perjalanan. 

Dengan objek pemandangan sawah,sungai, dan pegunungan yang hijau serta jalan yang berliku.

     14. Air Terjun Lubuak Mato Kuciang

air terjun lubuak mato kuciang

Kecamatan V koto kampung dalam memiliki banyak air terjun bukan hanya air terjun baburai, dan air terjun duo bidadari dibawah binaan kodim 0308 pariaman yang pernah ramai dikunjungi wisatawan. 

Kali ini ada air terjun lubuak mato kuciang (lubuk mata kucing) warga menamakannya karena airnya jernih bagai mata kucing jernih yang berkilau.

Air terjun lubuak mato kuciang ini terletak tepatnya di korong toboh nagari sikucur barat kecamatan V koto kampung dalam kabupaten padang pariaman. 

Berawal dari postingan teman sesama pengguna media sosial katanya air terjun ini dekat dari rumahnya hingga membuat piamanexplore.com tertarik untuk mengunjungi air terjun lubuak mato kuciang ini. 

Air terjun lubuak mato kuciang berjarak sekitar 30 menit hanya bisa di tempuh dengan berjalan kaki dari rumah warga terdekat.

15. Air Terjun Duo Bidadari

air terjun duo bidadari
Air terjun duo bidadari adalah salah satu air terjun yang ada di daerah kabupaten padang pariaman tepatnya di dama bancah kenagarian sikucur utara kecamatan v koto kampung dalam. 

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter lebih (filling saja) yang jatuh dari atas tebing yang berbatu dan membentuk sungai dibawahnya. 

Air terjun ini sudah lama di manfaatkan oleh masyarakat setempat saja untuk tani, ladang maupun untuk kebutuhan sehari hari. 

Sebelumnya terima kasih buat kodim 0308 yang telah membantu membuka melebarkan jalan sejauh ratusan meter menuju lokasi agar bisa dinikmati oleh siapa saja yang berkunjung.

Tidak itu saja mereka juga membangun posko dan toilet di lokasi air terjun. Salam Kartika Eka Paksi.

Kenapa namanya air terjun duo bidadari? Duo karena air terjun ini memang dua jatuh dari atas tebing, bidadari karena konon katanya dulu ada bidadari yang mandi di air terjun ini. 

Untuk mencapai lokasi ini tidak sulit lokasi bisa dicapai dengan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun roda empat. 

Sebaiknya menggunakan sepeda motor karena bisa mencapai posko jaga setelah itu berjalan kaki sejauh lebih kurang 200 meter. 

Ketika memulai berjalan kaki kita disuguhi pemandangan hutan bukit yang mengalir beberapa mata air di sisi tebing yang di sebut dengan bancah.

16. Air Terjun Batu Basurek

air terjun batu basurek bebatuannya sangat licin
Air terjun batu basurek terletak di korong ladang rimbo nagari sungai sirah kecamatan sungai geringging kabupaten padang pariaman, saat ini untuk mencapainya harus berjalan lebih kurang 1 km. 

Apabila setelah habis hujan jika nasib baik hempasan air terjun akan membentuk pelangi mini yang menawan. 

Jalan menuju air terjun batu basurek harus ditempuh dengan berjalan kaki memarkirkan kendaraan roda dua terlebih dahulu dibawah kaki bukit. 

Sebelum perjalanan dimulai dengan berjalan kaki, kontur jalannya tidak curam kebawah jalan setapaknya sudah agak bagus membuat kita tidak terlalu jauh menempuh perjalanan dibandingkan dulu ketika awal dibukanya jalan kaki bisa mencapai 2 jam tapi sekarang tidak sampai satu jam.

     17. Bukit Dama Batang

Alam yang begitu asri dan indah di puncak bukit ini begitu terasa membuat mata takjub akan keindahan Tuhan. Apa yang menarik di disini? Bukit dama batang mempunyai view hutan, laut piaman dan perbukitan nan indah. 

Wisata puncak bukit ini memiliki rumah pohon seiring berjalannya waktu lokasi ini terus dibenahi bagi wisatawan yang suka berfoto nah ini tempat menarik untuk di explore. 

Bukit dama batang ini walau masih baru dibuka tapi sudah ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah ini terlihat satu hari ada ratusan pengunjung yang mengisi buku tamu yang disediakan pengelola.

Akses jalan menuju dama batang ini sudah beraspal dan rabat beton jadi bagi pengunjung gak usah risau kendaraan roda dua dan roda 4 dapat langsung naik ke puncak ini tentunya selalu berhati hati. 

Bagi pengunjung tidak dikenakan biaya masuk maupun parkir kendaraan gratis, yang ingin duduk-duduk santai sambil menikmati segelas kopi, pengelola juga menyediakan nya tentunya dengan harga yang terjangkau Rp 4.000 saja.

    18. Green Talao Park

nongkrong asyik

Green talao park ini terletak dinagari ulakan kabupaten padang pariaman sumatra barat berjarak 15 km dari bandara internasional minangkabau dan dilalui jalan akses kabupaten dan area pesisir pantai dan hutan bakau. 

Green talao park dikelola oleh warga setempat dengan biaya pembangunan 1,3 miliar  dari pemerintah. 

Lalu apa yang menarik disini?  Terus terang lokasi ini menjadi tempat yang ingin kami jelajahi karena selama ini hanya melihat keindahannya melalui foto-foto di media sosial. 

Untuk memasuki lokasi ini pengunjung hanya dikenakan tarif Rp 5.000 saja per orang. Dilokasi wisata ini anda dapat melihat flora dan fauna.

Green talao park dan edukasi ini memiliki treking jembatan kayu yang panjangnya 1.8 km jika anda lelah anda dapat membeli dari warga yang berjualan. 

Menikamati segarnya air es buah nipah sambil beristirahat di gazebo, tower pemantau yang ada didalam hutan ini tentunya aman bagi orang dewasa maupun bagi anak-anak. 

Disini anda dapat menikmati treking talao, tower pemantau, dermaga love, bagi wisatawan yang bingung dapat bertanya langsung ke petugas yang ada di gedung informasi.


Inilah beberapa Destinasi wisata di kabupaten padang pariaman Sumatra Barat yang berhasil piamanexplore himpun  untuk anda.

Share This Article :
1745663973787222366

Sejarah Nyi Eroh Ratu Galunggung Legenda Sang Permaisuri Gunung Api

Piamanexplore- Gunung Galunggung di Tasikmalaya dijuluki sebagai Ratunya Gunung di Jawa Barat.  Kawasan gunung Galunggung yang bercadas dan ...