-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Pulau Pigago Eksotis Alami Tersembunyi Jauh Di Sumatra Barat

foto Osmarwan Putra
Dari sekian banyak pulau yang ada di Sumatera Barat, sobat explore wajib mencoba berkunjung ke Pulau Pigago. Pulau cantik dengan pasir putih yang bersih dan ombak yang tenang. Sumatera Barat juga banyak terdapat pulau eksotis dengan pantai berpasir putih yang cantik. Oleh sebab itu, berkunjung ke Sumatera Barat tidak akan lengkap jika kamu tidak mampir ke salah satu pantai atau bahkan pulau yang ada di sana.

Pulau Pigago merupakan salah satu pulau yang berada di Samudera Hindia. Pulau ini berada di sisi barat Pulau Sumatra. Pulau ini berdekatan dengan Pulau Pangka, Pulau Panjang, dan Pulau Tamiang. Secara administrasi, Pulau Pigago dalam wilayah Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatra Barat, Indonesia.

foto machita_maya
Tidak ada penjelasan terkait panamaan pulau ini Namun, kata pigago yang disematkan pada pulau ini berasal dari Bahasa Minangkabau yang merujuk pada nama sejenis karang kecil. Pulau Pigago umumnya bertopografi relatif datar. Pulau ini memiliki pantai dengan pasir yang putih. Pada pulau banyak tumbuh vegetasi tingkat tinggi seperti pohon kelapa. Pulau ini juga ditumbuhi vegetasi rumput dan semak belukar. Pulau ini tercatat tidak berpenduduk.

Untuk bisa sampai di pulau ini, kamu harus menyewa perahu milik nelayan setempat, dengan biaya sekitar 50 ribu saja, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam bila cuaca mendukung. Pulau Pigago masih dipenuhi hutan hijau yang belum tersentuh secara luas, pantainya juga bisa dibilang masih asli tanpa adanya berbagai jenis pencemaran. Pantainya yang putih bersih, lautnya yang biru dan jernih serta gulungan ombak yang besar menjadikan pulau ini sebagai salah satu Tempat Wisata Di Pasaman Barat paling populer. Pulau di Pasbar yang satu ini selalu ramai dikunjungi, terlebih ketika musim liburan tiba, seperti libur sekolah, kerja hingga libur lebaran.

Letak Pulau Pigago

Pulau Pigago terletak di Air Bangis, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat. Dari kota padang pulau ini cukup jauh Untuk bisa ke sana para pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bahkan angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, para pengunjung yang datang dari kota Padang bisa menumpangi Bus AKDP Air Bangis-Padang (PP) dengan jarak sekitar 256 km atau dengan waktu tempuh sekitar 6 jam.

Tiket Ke Pulau Pigago

Tidak ada tiket masuk ke pulau pigago hanya saja Setelah sampai di Air Bangis, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan menuju ke dermaga untuk selanjutnya menumpangi perahu menuju ke Pulau Pigago. Menurut informasi ongkos untuk menyebrang dari Air Bangis ke Pulau Pigago adalah sekitar 50 ribu rupiah.

foto rifkadejavu
Keindahan Pulau Pigago

Setelah sampai di Pulau Pigago, para pengunjung akan langsung disambut dengan pemandangan alam yang eksotis berupa pantai berpasir putih dengan deretan pohon kelapa dan mangrove sebagai hiasannya. Pulau ini dikelilingi oleh lautan biru bersih dengan ombak yang tenang, karena memang ganasnya ombak Samudra Hindia sudah terhalang oleh gugusan Pulau Tanahmasa yang berada di seberang. Kontur pantai di Pulau Pigago juga cukup landai sehingga sangat cocok untuk tempat bermain air dan berenang.

Aktifitas Menarik di Pulau Pigago

Di sekitar Pulau Pigago juga terdapat beberapa terumbu karang yang cukup cantik, sangat cocok untuk kamu para pecinta bahari. Dengan pemandangan alam yang disuguhkan, kamu dijamin akan betah berlama-lama di pulau seluas 40 hektar tersebut.

foto fb vera handa yani
Jika tidak inginkan basah-basahan, bersantai dan berselfie ria di pulau ini terhitung mampu jadi pilihan yang pas. Pulau cantik yang tak berpenghuni dan masih minim kunjungan wisatawan ini dapat membuatmu dengan leluasa mencari spot foto yang eksotis.

Fasilitas Di Pulau Pigago

Meskipun punyai pemandangan alam yang indah dan menawan, tapi layanan di pulau ini masih terlalu terbatas. Karena, memang pulau ini tidak berpenghuni. Jadi, di sana anda masih akan ada problem untuk mendapatkan toilet atau lebih-lebih area ubah pakaian. Di sana terhitung tidak ada warung penjual makanan atau pun minuman, sehingga anda perlu buat persiapan seluruh bekal sejak awal atau sebelum akan menyeberang ke pulau.

Meskipun fasilitasnya kurang memadai, tetapi dengan panorama alam yang ada mampu membuat para wisatawan terpukau. Pulau Pigago menjadi salah satu destinasi wisata yang layak untuk anda kunjungi di Sumatera Barat. Karena itu, langsung siapkan sementara wisatamu untuk mampir ke pulau cantik yang satu ini.


Pasir yang dimiliki Pulau Pigago putih dan halus. Perairannya juga tenang dan jernih. Di pesisir pantai, berjejer pohon-pohon kelapa yang kompak menari saat tertiup angin.

 

 

 

 

Share This Article :
1745663973787222366

Menyelami Keindahan Potensi Wisata Embung Sungai Talang Di Nagari Pilubang

Piamanexplore- Piamanexplore.com-Berawal dari postingan kak Eri kepala sekolah di sebuah SD di korong duku kecamatan sungai limau kabupaten ...