-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Air Terjun Proklamator Tersembunyi Dekat Dengan Air Terjun Lembah Anai

Jika anda menemukan tempat tempat yang elok mempesona alam akan menjadi tempat pelarian terbaik sama seperti objek wisata air terjun proklamator membuat siapapun akan terpana akan keindahannya.

Padang Panjang, ternyata tak hanya menyuguhkan air terjun Lembah Anai sebagai wahana penyejuk mata, namun bila berjalan kaki agak ke dalam di lebatnya hutan, ada air terjun lain yang sangat mempesona, Namanya air terjun Proklamator. Air terjun Proklamator, terletak tidak jauh dari Lembah Anai, tepatnya di Kanagarian Singgalang, Sapuluah Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Air terjun ini termasuk salah satu destinasi baru di Sumatra Barat. Diberi nama Proklamator, karena air terjun ini ditemukan pertama kali oleh Mahasiswa Pecinta Alam Proklamator, Universitas Bung Hatta, saat membuka jalur pendakian dikawasan tersebut pada tahun 2020, beberapa tahun lalu. Akses masuk ke air terjun ini adalah di seberang jalan rumah makan Manggung. Rumah makan manggung terletak sesudah air terjun Lembah Anai jika dari arah kota padang menuju arah bukittinggi.

Jarak tempuh ke air terjun Proklamator sekitar 20 menit dengan berjalan kaki dari jalan utama, selama perjalanan kita melewati jalan yang cukup ekstrem namun bisa di lewati karena ada pagar pembatas di buat oleh pengelola disana.

foto facebook zahara
Aktivitas Wisata

Saat berkunjung ke tempat wisata air terjun ini anda akan merasa puas dan menyenangkan karena anda akan melakukan aktifitas seru seperti :  

Tracking

Saat mendekati air terjun ini disepanjang perjalanan para wisatawan akan dimanjakan oleh panorama hutan tropis hijau khas lembah anai membuat siapapun yang datang merasakan suasana yang tenang dan damai.

Bermain air dan berenang

Rasanya belum mantap kalau berwisata ke air terjun jika tidak berbasah-basahan, begitu juga kalau berkunjung ke air terjun proklamator kamu bisa berenang-renang di kolam aliran sungai ini. Disarankan istirahat sejenak sebelum mandi dan berenang karena sudah melakukan perjalanan tracking yang cukup melelahkan.

Berfoto  

Keindahan air terjun proklamator juga menjadi objek foto yang pas bagi para pecinta fotografi. Terdapat banyak spot foto yang menarik di sini seperti di jalur tracking, di bebatuan dan tentu saja di lokasi utama di air terjun proklamator.

Tiket Masuk  

Untuk biaya tiket masuk objek wisata ini pihak pengelola mematok harga Rp10.000 per orang dan parkir sepeda motor Rp5.000. persepeda motor

Rute Kelokasi

Untuk sampai ke air terjun ini tidaklah sulit, air terjun ini dekat sekali dengan air terjun lembah anai jika anda dari padang pintu masuk menuju air terjun ini hanya beberapa meter saja setelah air terjun lembah anai. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat. Dari pintu masuk perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit menuju air  terjun proklamator.

foto awil05_

Air terjun proklamator wajib anda jejaki, salam menjejak.

Share This Article :
1745663973787222366

Tabek Mandi Sikabu–Kolam Renang Menyuguhkan Keindahan Alam diKaki Gunung Marapi

Piamanexplore- Tabek Mandi Sikabu adalah salah satu tempat wisata yang berada di Sumatera Barat. Terletak di Kabupaten Agam, tempat ini terk...