-->
NGx9MGB7Nap6Nax5MaRbNqN7MmMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Mesjid Asasi padang Panjang Mesjid Dengan Bangunan Tradisional Minangkabau Tertua di Padang Panjang

foto instagram

Masjid Asasi dibangun di atas tanah 25 x 22 m, berbentuk segi empat, melambangkan bahwa yang mencetuskan pembangunan masjid adalah Nagari Ampek Jurai. Di tengah ruangan masjid terpancang tiang resar, melambangkan bahwa Nagari Gunung mempunyai kesatuan pimpinan (komando) yang tercermin dalam pepatah didahulukan salangkah dan ditinggikan sarantiang (ada orang yang didahulukan selangkah ditinggikan seranting).

Masjid ini adalah salah satu masjid yang tertua di Padang Panjang, dibangun secara gotong royong oleh seluruh masyarakat Nagari Nan Ampek Jurai dan nagari sekitamya. Arsitektur masjid ini  menerapkan konsep arsitektur tradisional Minangkabau. Ini terlihat bentuk atap dan ukir-ukiran dinding masjid. Sedangkan, kubahnya sebagai ciri sebuah masjid, berbentuk atap limas bertingkat tiga, sebagai perlambang bahwa Nagari Gunung dikuasai oleh 3 unsur, yakni agama, unsur adat, dan unsur pemerintah.

Sampai saat ini Masjid Asasi Nagari Gunung masih berdiri kokoh Selain untuk shalat rawatib (lima waktu) dan shalat Jumat, masjid ini juga menjadi taman pendidikan Al-Qur ‘an (TPA) bagi kanak-kanak dan remaja. Pada malam-malam tertentu juga diadakan wirid.

Atas musyawarah empat pasang suami istri yang mendatangi daerah tak bertuan menyepakati pendirian masjid yang semula dikenal dengan nama Surau Gadang Sigando. Mereka, membagi daerah tersebut (Nagari Gunung) ke dalam empat jurai (wilayah). Sekitar 1405 masehi, awal mula mereka menyepakati untuk mendirikan rumah ibadah yang juga akan digunakan sebagai tempat musyawarah, menimba ilmu serta mendalami isi al-Quran.

Begitulah catatan yang terdapat dalam buku Masjid-masjid bersejarah di indonesia, karangan Abdul Baqir Zein, halaman 48-49. Bahkan dalam catatan itu, pendirian masjid/surau itu lebih kurang selama 10 tahun dan kemudian dinamai Masjid Asasi Nagari Gunung. Namun, masyarakat setempat awalnya lebih mengenal rumah ibadah itu dengan nama Surau Gadang Sigando.

Bahkan, terkait asal mula berdirinya Masjid Asasi, juga terdapat beberapa versi, diantaranya adalah seorang peneliti Belanda yang mendapatkan referensi bahwa masjid didirikan tahun 1685 dan Surat Pernyataan Pembentukan Baitulmal Masjid Asasi Nagari Gunung yang mengatakan bahwa pada tahun 1775 berdiri masjid di atas Surau Gadang.

Menurut e-Book: Masjid-Masjid Kuno di Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Batusangkar 2005, bahwa Masjid Asasi mulai dibangun pada tahun 1702 oleh masyarakat Batipuh Koto dan mulai dipakai sebagai tempat ibadah pada tahun 1770.

Terlepas dari beberapa sejarah mengenai pendirian masjid, Masjid Asasi Nagari Gunung merupakan masjid tertua di Padang Panjang. Kemudian, dikutip dari situs kebudayaan.kemdikbud.go.id, masjid Asasi disebut didirikan oleh masyarakat dari 4 koto dari daerah Gunuang, Paninjauan, Jaho dan Tambangan. Masjid Asasi pernah dijadikan sebagai basis pengembangan Islam terutama mengembangkan Madrasah Thawalib Gunuang. Bahkan, tokoh-tokoh seperti Buya Hamka pernah menggelar pengajian di sini. Masjid Asasi memiliki 3 motif ukiran dari aliran yang berbeda yaitu Hindu, China dan Minangkabau. Masjid itu disebut mulai dibangun pada tahun 1702 atas swadaya masyarakat Batipuh Koto.

Berdasarkan informasi masyarakat, awalnya, atap masjid  berbahan ijuk diganti menggunakan seng sekitar tahun 1905, serta penggantian dinding yang sudah lapuk pada tahun 1956. Pada sisi serambi ini terdapat 2 buah tangga masuk bangunan (sisi kiri-kanan) berbahan beton/coran semen. Pintu masuk bangunan terdapat pada sisi timur.

foto merdeka.com
Secara keseluruhan, jendela masjid berjumlah 14 buah dengan rincian, 2 buah di serambi yang masing-masing menghadap sisi utara dan selatan, bangunan utama 10 buah yang menghadap sisi utara 4 buah, selatan 4 buah dan timur 2 buah, serta 2 buah pada mihrab yang masing-masing menghadap sisi utara dan selatan.

Bangunan masjid ini ditopang oleh 9 buah tiang, dengan rincian terdiri dari 1 tiang soko guru pada bagian tengah serta 8 tiang lainnya yang mengelilingi tiang sosko guru. Sebagai informasi, tiang soko guru ini berukuran lebih besar dari tiang-tiang lainnya. Bagian dalam tiang soko guru berbahan kayu dengan bagian luarnya dilapisi beton/semen. Sedangkan 8 buah tiang lainnya berbahan kayu berbentuk bulat. Pada bagian atas dari tiang soko guru terdapat hiasan kelopak bunga matahari.

Atap masjid berbentuk tumpang (limas) dengan jumlah undakan 3 buah. Secara umum komponen bahan bangunan berbahan kayu serta beratap seng.


Seluruh dinding bangunan dipenuhi dengan ragam hias motif flora. Pada sisi timur terdapat rumah bedug berukuran 3 x 2 meter.

Share This Article :
1745663973787222366

Nama Mesjid Raya Sumbar Akan Diganti: Sebuah Refleksi Tentang Estetika dan Identitas Ini Alasannya

Piamanexplore- Mesjid Raya Sumbar, salah satu mesjid terbesar di sumbar dan destinasi wisata religius di Sumatera Barat, resmi mengubah nama...